Serunya Atraksi Orang Utan di BOS Nyaru Menteng

orang utan
Saat saya menginjakan kaki di halaman masuk Borneo Orang Utan Survival (BOS) Nyaru Menteng Palangka Raya, suasana hutan Kalimantan langsung terasa.Pepohonan besar yang hijau serta banyaknya jembatan dan rumah panggung menyambut kedatangan saya.
Saya tidak sendiri, tapi ditemani oleh Bahri yang belakangan kecipratan hobi petualangan yang saya miliki.Ceile..

Seorang satpam segera menyambut kedatangan kami.Setelah memaparkan tujuan, kami langsung diminta mengisi guest book.Saya isi saja dihalaman 'Asal' dengan isian Wisatawan dari Banjarmasin.Dan tentu saja saya tulis alamat blog kesayangan saya ini.He…
Ternyata tamu yang pernah berkunjung ke pusat rehabilitasi orang utan atau arboretum ini dari berbagai daerah dan negara.Ada juga dari WWF Jepang.

Kelar mengisi buku tamu, saya ama temen itu digiring ke sebuah bangunan etnik namun terkesan sedikit angker.Pintu masuknya ternyata digantungi juntaian ribuan tali mirip akar pohon.Nah, saya masuk situ.Dan yang lebih ngeri lagi, ternyata di balik juntaian tali itu ada seekor patung orang utan berukuran besar seperti mau menerkam para pengunjung.Untung hanya sebuah patung.Puihh…
Didalam ruangan itulah atraksi seru puluhan otang utan dapat kita lihat.Tapi hanya melalui dua buah kaca bening berukuran besar.Disana disediakan beberapa buah kursi dari kayu.Seolah-olah pengunjung sedang menyaksikan film di bioskop.


bosnyaru
Oh iya, kalo Anda tertarik berkunjung kesini, saya sarankan pada hari Minggu saja sekitar jam 9 hingga 3 sore.Karena jika diluar waktu tersebut, dipastikan pengunjung tidak bisa masuk kedalam ‘bioskop’ orang utan itu.

Yang asiknya lagi ditempat ini tak sepeserpun uang keluar dari dompet.Karena masuknya gratis alias cuma-cuma.Lokasi BOS Nyaru Menteng ini terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 29.Kalo dari Palangka Raya ke arah Sampit letaknya sebelah kanan.
Di BOS ini juga terdapat fasilitas outbond dengan sarana yang lengkap.Biasanya pada hari libur tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit warga Palangka Raya.

Sekedar info nih, Kalimantan merupakan penyumbang keberagaman hayati dan hewani sebesar 6 % di dunia.Dan merupakan pulau terbesar ketiga didunia.

Ditulis: Nasrudin Ansori
kalimantanku

»»  READMORE...

Tips Belanja Baju Lebaran Murah Meriah

tanahabang
Lebaran sudah di depan pintu, pusat grosir pakaian muslim banyak di serbu ibu ibu yang mencari baju muslim kebutuhan anak anak untuk lebaran, tapi takukah anda, tanah abang adalah pilihan terbaik untuk belanja baju atau pakaian murah dikawasan jakarta, selain stok melimpah harga juga terkenal dengan raja murah

Tips wisata murah beberapa bulan yang lalu sempat belanja untuk keperluan shoting dicentra pusat perkulakan baju murah pasar tanah abang. memang baju muslim di sana agak miring di banding tempat lainnya, khususnya kalau kita pintar menawar, dan punya waktu panjang untuk memilah barang. Perlu di ingat pasar tanah abang ini gedungnya sangat luas, jadi kalau belanja di sana perhatikan lantai dan blok berapa anda masuk.

Ngomongin blok. sebenarnya antara Metro tanah abang dan Blok A tanah abang itu hanya beda gedung saja, masalah harga saya pikir mirip mirip atau boleh di bilang sama, pinter pinter kita nawar saja, jadi menurut pengamatan tips wisata murah, kalau anda melalui jalan petamburan atau slipi sebaiknya cari baju murahnya di Blok A saja. sebaliknya kalau dari arah pejompongan misalnya, anda bisa mencari di metro tanah abang karena pertimbangan parkir.

Sebenarnya kalau mau cari harga super murah di manapun tempat pusat grosir atau kolakan, datanglah pagi hari atau mendekati toko mau tutup. apa lagi kalau belanjanya rombongan, biasanya kita dikasih diskon yang gede gedean. Maka untuk mensiasati harga murah, sebelum berangkat ke tanah abang, cari kawan untuk diajak belanja bersama ke tanah abang

tradisi tersebut mirip sekali dengan yang berlaku dipasar klewer solo atau pasar kliwon kudus jawa tengah, raja murah busana baju muslim terbesar di jawa tengah tersebut, menurut pantauan tips wisata murah melalui SMS, mendekatai lebaran juga ramai diserbu ibu ibu yang mencari baju murah di jawa tengah. Untuk jogja pasar bringharjo tentu jadi tempat yang tak terlewatkan

»»  READMORE...

Ingat Tahu Ingat Sumedang [Ngintip Archive69]

tahu sumedang
hehehe mungkin jargon ingat tahu ingat sumedang ini cocok untuk mengingat kuliner tahu sumedang yang dipopulerkan Ongkino sejak tahun 1928 tersebut. Makanan khas rakyat dari sumedang jawa barat Indonesia ini memang menawarkan rasa yang sangat berkesan dilidah, gurih gurih lezat gemana gitu lho. kalau sudah makan tidak mau berhenti,apa lagi makannya sama cabe, wuuuuiihhh tiba tiba perut kenyang aja, malah ada temen ane kalau habis makan pasti tahaknya di pamer pamerin,hehehe

Tahu sumedang ini biasa di kemas dengan keranjang rotan yang diberi daun pisang. tapi jaman sekarang keranjang itu banyak yang dibuat dari anyaman bambu. kalau ane lagi di jakarta, diborobudur jelambar raya itu cukup di bungkus dengan kantong kertas. wah muantap deh pokoknya rasanya enak halal dan murah lagi.
Karena suka dengan tahu sumedang yang gurih itu, maka ane cari tahu bagaimana sih cara membuat tahu sumedang yang enak gurih bersih dan dijamin halal itu. Nah yang mau tahu cara membuatnya di Archive69 memaparkan cara dasar mempersiapkan Proses Pembuatan Tahu Sumedang yang top markotop itu.tengok deh siapa tahu bis jad pengusaha tahu sumedang hehehe salam wisata keluarga
»»  READMORE...

Memotret Wisata Dan Kesenian Rakyat Jakarta

ondel2
Kalau anda hendak liburan ke ibu kota jakarta, dikota megapolitan ini bertebar tempat wisata murah yang bisa anda kunjungi. Tips wisata murah mencatat,dari puluhan museum sampai miniatur Indonesia ada di ibu kota kita tersebut. Kemudian kesenian rakyat jakarta atau betawi itu yang paling terkenal apa sih...?. Mari kita telusuri bersama

Masyarakat Betawi atau Jakarta ini sangat agamis, mayoritas penduduk betawi itu orang Islam.dan Ondel Ondel itu adalah kesenian khas rakyat betawi penduduk asli jakarta,yang terbuat dari anyaman bambu yang di bentuk mirip boneka, tingginya bisa mencapai 2 meter-an, Awalnya Ondel ondel ini di pakai untuk mengusir arwah halus yang menganggu, tapi belakangan ini biasa di gunakan untuk pesta rakyat orang betawi. dan musik pengiringnya seperti tanjidor.

Asal Usul Ondel Ondel
Ondel ondel ini oleh orang betawi dilukiskan sebagai nenek moyang atau danyang yang menjaga keselamatan penduduk desa (untuk mengusir roh jahat yang mengganggu). Wajah ondel ondel berupa topeng atau kedok yang di beri rambut ijuk. untuk yang lelaki dicat dengan warna merah,sedang yang perempuan mukanya di diberi warna putih. " Nah tahun 91 lalu waktu ane tinggal di jalan asem 2 cipete selatan, anak ane sempat ga bisa tidur karena takut sama ondel ondel peria di atas.hehehe intermezo"

TMII
Sekarang munpung kita di jakarta. mari kita lihat katagori wisata apa saja sih yag ada disini.? Mari bersama tips wisata murah kita telusuri bersama. Seperti yang tertulis diatas. jakarta ini mempunyai miniatur Indonesia. yang biasa disebut Taman Mini Indonesia Indah. pusat wisata kesenian dan hiburan rakyat yang di gagas oleh bu Tien ini. harga masuk juga terbilang murah meriah. pokoknya ga bikin kantong bolong deh, selain itu anda bisa mengunjungi kebun binatang ragunan (tiket murah masuk wisata ragunan) sedang di sebelah utara sana anda bisa mendapti pusat hiburan rakyat jakarta ia itu Taman Impian Jaya Ancol dan kepulauan seribu. terus berikutnya kalau anda mau mengajak anak berwisata kemuseum, dibawah ini kami ada nama nama museum yang ada di jakarta
Museum Fatahillah
Monumen Nasional
Museum Sumpah Pemuda
Museum Bahari
Museum Gajah
Museum Wayang
Museum Bank Indonesia
Museum Perangko
Museum Adam Malik
Museum Tekstil
Museum Satria Mandala
Museum Prasasti
Museum Seni Rupa dan Keramik
Museum Pelita Harapan
Taman Prasasti
Gedung Joang '45
Museum Bank Mandiri
Museum Gedung Mohammad Hoesni Thamrin
Hehehe banyak khan, Ok selamat menikmati liburan di ibu kota jakarta. salam wisata keluarga Indonesia
»»  READMORE...

Pesona Keindahan Pantai Kaliantan Lombok


Pantai Kaliantan merupakan slah satu kawasan wisata dibagian selatan Kab. Lombok Timur tepatnya di wilayah Kecamatan Jerowaru. Pantai Kaliantan dapat ditempuh melalui route perjalanan dari Kota Mataram kearah Timur menuju Kabupaten Lombok Timur dengan waktu tempuh 1(satu) jam dilanjutkan ke arah Selatan melalui Kecamatan Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemongkong – Kaliantan dengan tambahan waktu tempuh kurang lebih 90 menit.
»»  READMORE...

Menunggu Sore Di Pantai Ria Kenjeran

pantairia

Kalau anda sekedar menunggu sore (buka puasa) kawasan wisata pantai Ria Kenjeran yang di buka 24 jam ini perlu kita pertimbangkan. Posisinya ada di timur surabaya.
persisnya berada di kawasan Mulyosari atau Sutorejo Surabaya.Fasilitas juga boleh di bilang lengkap. karena dari penginapan yang di tata sedemikian rupa untuk memanjakan pengunjung. juga misalnya anda kepingin melihat matahari terbit dan terbenam,cukup dari teras penginapan

selain itu di pantai ria kenjeran juga ada kuda sewaan yang bisa kita pakai untuk menikmati udara sore sambil menunggu buka puasa,asik kan...? karena di sekitar pantai terdapat juga stand penjualan makanan khas Surabaya. misalnya seperti sate kerang, rujak cingur,kupang lontong, lontong balap, ikan bakar, es dawet, dan masih buuuanyak makan yang enak enak lainya. atau kalau mau souvenir yang kebanyakan berbahan dasar dari laut semua ada disini.

Terus makanan khas surabaya itu apa saja sih...?
pada dekade awal tahun 2000an kemarin. kalau tips wisata murah rekaman di studio nirwana yang di di gedung Siola tunjungan plaza itu. sering nyantap rujak cingur, karena selain rasa petis tentu juga bumbu lainnya yang sangat berkesan. terus makan khas yang paling top di surabaya itu antara lain ya

a. Lontong Balap
b. Rujak Cingur
c. Sate Kelapa
d. Semanggi
e. kupang lontong
f. Jongkong Surabaya. kalau masih kurang soto tangkar atau nasi rawonnya juga muantap bok.

»»  READMORE...

Green Canyon Itu Ada di Ciamis Jabar

green cayon

Wisata alam green canyon termasuk wisata air di ciamis jabar yang paling di gandrungi oleh wisatawan penggila trekking.canoeing dll. Obyek wisata andalam ciamis tersebut mengikuti sepanjang arus sungai cijulang yang bersih dan ber-air biru menyejukkan,yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga berhawa sejuk dan menyegarkan

greencayon
Kawasan Ekowisata Green Canyon ciamis jabar ini Lokasinya ada di desa Karang Paci, Kecamatan Cijulang Kabupaten Ciamis Jawa Barat . Kalau anda dari Kota Ciamis anda harus menuju arah barat. anda bisa melalui pangandaran kemudian ke ci julang. anda bisa memerlukan waktu satu jam-man. karena jarak Green Canyon dengan kota ciamis hampir 90 KM

Nah di pangandaran ini anda bisa mempersiapkan semua keperluan untuk ke green conyon. kalau anda berniat jajan.dan mengandalkan ATM, sebaiknya persiapkan dari pagandaran tersebut. karena menurut pengamatan tips wisata murah di cijulang tidak ditemuai ATM mejeng di jalan. semoga ini bermanfaat
»»  READMORE...

Great Wall of China | Menelusuri Tembok Besar Cina

tembokcina
tembok raksasa yang di bangun pada dinasti ming ini tergolong sangat unik,dan panjang the great wall. yang terdiri dari kumpulan tembok tembok pendek yang memanjang mengikuti geografi pegunungan Cina utara itu menurut beberapa catatan memiliki panjang 8.851. waw lebih panjang dari pulau jawa ya

Tips wisata murah menelusuri tembok besar cina atau .Great Wall of China untuk anda. Setelah menaklukkan bangsa Mongol (1368-1644), tembok raksasa itu dikonstruksikan kembali, Pintu gerbang paling timur dinamakan Shanhaiguan dan pintu gerbang paling barat dinamakan Jiayuguan.

Tembok besar Cina dibagi ke dalam 9 distrik militer yang diantara bangunann itu berdiri Menara Suar yang dilengkapi benteng-benteng pertahanan dan pintu gerbang untuk mengawasi daerah perbatasan dan di atasnya dibuat jalan sebagai jalur transportasi penghubung antara distrik satu kedistrik lainnya
»»  READMORE...

Mengunjungi Pusat Peyelamatan Satwa Jogja

ppsj jogja
Seru juga dengerin suara satwa langka yang di tampung di pusat Peyelamatan satwa jogja tersebut
apa lagi kalau pagi hari atau menjelang sore. waw ramai deh suara jenis burung langka,orang hutan dan dari spesiesnya bersahut sahutan yang terdengar hingga radius dua sampai tiga kilo meter persegi

Tempat rehabilitasi satwa langka ini mendiami area seluas 13 ha diperbukitan menoreh yang mempunyai pemandangan indah. tepatnya di desa Paingan Sendangsari Pengasih Kulonprogo yogyakarta. Dan PPSJ tersebut sering di jadikan Obyek Wisata Pendidikan, karena selain satwa langka,tentunya juga karena fasilitas untuk seminar dan akomodasi lengkap

tips wisata murah pernah mengunjungi sekalian shoting musik religi (Wafiq Azizah) di area Pusat Peyelamatan Satwa Jogja ini. Selain tempatnya asri. didalamnya juga banyak bangunan bungalow atau semacamnya yang unik, yang di bangun di tanah berbukit menghadap sungai dibawah yang mengalir.( Special thanks to mas Ari, atas gratisan nginepnya selama shoting hehe)

ppsjkantor
Dan Pusat Pelestarian Satwa Jogja ini kalau anda berniat berwisata kejogja. posisinya ada di 25 Km sebelah barat kota jogja, atau sekitar 4 Km dari kota wates kulon progo ke arah utara sebelum kalibiru atau waduk sermo. orang orang sekitar memaknai atau mengeja singkatan PPS Jogja ini. ada yang mengeja pusat penangkaran satwa lanka jogja. tapi sebagian ada yang mengartikan pusat penyelamatan satwa langka jogja. Tapi seperti yang pernah di terbitkan tips wisata murah waktu yang lalu, ada yang mengeja dengan Pusat Pelestarian Satwa Jogja. Apapun itu yang jelas pusat rehabilitasi satwa langka yang konon sebagian di danai Bank Dunia ini sudah memberi sumbang sihnya terhadap kehidupan satwa langka yang disinyalir nyaris punah dari muka bumi. Apakah para sahabat dan pembaca mau mengunjungi juga...? salam wisata keluarha Indonesia
»»  READMORE...

Terbangan Ciri Wisata Budaya Islam DI Kudus

terbangan kudus
Dalam Hadis Nabi disebutkan Ad-Dufuf atau rebana,dalam bahasa budaya masarakat kudus disebut terbangan (seni musik budaya Islam)ini di anjurkan dipergunakan untuk hiburan pada pernikahan.
Tips wisata murah menelusuri. Alat musik rebana yang disebut oleh masyarakat kudus dengan nama terbangan tersebut. dibuat dari kulit hewan sapi atau kerbau.berbentuk bulat dan ada yang diberi semacam tamboren pada lingkarannya,

Musik terbangan ini tak mengenal tune, dan tidak mengenal melodi seperti musik pada umumnya.
tips wisata murah mencatat.secara umum tune terbangan kudus jawa tengah ini seperti gong yang manteng di kunci A. Dan di kudus musik terbangan ini sangat populer. Seperti hadis di atas setiap acara ritual masyarakat hampir didominasi oleh musik terbangan, dan biasanya terbangan ini mengiringi lagu lagu qosidah dan sholawat Nabi.

Setiap tanggal 9 Muharram dalam acara buka luwur ( upacara penggantian kain mori yang digunakan untuk membungkus nisan, dan cungkup makam Sunan Kudus) Terbangan ini di gelar disela pembacaan kitab barzanji dalam istilah umum orang menyebut maulidan atau maulid Nabi
Dan terbangan ini jadi ciri warisan seni budaya Islam masyarakat di Kudus jawa tengah yang turun temurun dan membumi sampai kini
»»  READMORE...

Favorit